بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ

Sabtu, 16 November 2013

Keutamaan Berwudlu





BismiLlahirahmanirrahim..
 segala puji bagi Allah SWT, shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rosulullah SAW, keluarganya, para sahabatnya, dan kepada seluruh kaum muslimin yang senantiasa berpegang teguh pada sunnah-sunnah beliau sampai hari kiamat.

wudlu adalah amalan yang ringan  tapi pengaruhnya sangat menakjubkan dan luar biasa. selain menghapuskan dosa-dosa kecil, wudlu juga mengangkat derajat seorang hamba sehingga hamba itu layak meraih kedudukan yang tinggi di sisi AllahTa'ala.

setiap muslim di perintahkan wudlu bukan hanya ketka hendak sholat saja, bahkan mereka dianjurkan berwudlu dalam seluruh kondisinya. seorang muslim di anjurkan selalu berada dalam kondisi bersuci (wudlu) sebagaimana dahulu di lakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya yang mulia. mereka senantiasa berwudlu, baik dalam kondisi senang atau dalam kondisi susah dan kurang menyenangkan, seperti saat kondisi musim hujan dan musim dingin.

meskipun wudlu adalah amalan yang sangat ringan dilakukan, namun kebiasaan berwudlu ini membutuhkan kesabaran yang tinggi.  sebab, kita sering kali terserang sifat malas, apalagi saat udara dingin. 

wudu merupakan salah satu syarat sahnya shalat. seorang muslim yang hendak sholat harus membersihkan dirinya dari hadats, baik hadats besar maupun hadats kecil. hadats besar di hilangkan dengan mandi junub, sedangkan hadats kecil di hilangkan dengan berwudlu. Allah Ta'ala berfirman yang artinya :
"hari orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki."(QS.ALMAIDAH:6)

Allah Ta'ala tidak akan menerima sholat yang di kerjakan  dalam keadaan beerhadats, baik untuk sholat fardlu maupun sholat sunnah. sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW :

"Allah tidak akan menerima sholat salah seorang di antara kalian jika ia berhadats sehingga ia berwudlu"(HSR. BUKHORI dan MUSLIM)

Wudlu dapat menghapus dosa-dosa kecil sebagaimana apa yang  telah Rasulullah SAW sampaikan.
"diriwayatkan dari utsman bin affan Ra, Rasulullah SAW bersabda:
"barang siapa berwudlu dan menyempurnakan wudlunya, niscaya kesalahan-kesalahannya akan keluar dari tubuhnya sampai-sampai dosa-dosa itu keluar dari bawah  kukunya."(HSR. MUSLIM, NO.245)

Nabi SAW telah mengkabarkan kepada kita bahwa beliau akan mengenali umatnya di padang Maasyar dengan adanya cahaya putih pada anggota tubuh mereka karena pengaruh wudlunya ketika di dunia. Rosulullah SAW menceritakan kepada para sahabatnya tentang luasnya telaga beliau di padang masyar beserta warna,aroma dan rasa airnya. kemudian para sahabat  bertanya ,"Wahai Rasulullah, apakah pada hari itu anda mengenali kami ?"Beliau SAW menjawab :"Ya, kalian punya tanda yang tidak dimiliki oleh seorangpun dari umat lain. kalian datang kepadaku dengan wajah, tangan, dan kaki bercahaya putih karena wudlu." (HSR MUSLIM, NO. 364).


Driwiyatkan dari Abu Said Al-Khudri RA, dia berkata,"Rasulullah SAW bersabda," barang siapa berwudlu, kemudian mengucapkan,"

سُبْحَا نَكَ اللَّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَا اَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوْبُ إِلَيْك

(Maha suci engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak Tuhan yang berhak di sembah selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu  dan bertaubat kepada-Mu),”maka perkataan itu akan di tulis di lembaran amalnya, lalu di kunci dengan sebuah kunci dan tidak akan dibuka sampai hari kiamat. ”(Silsilah Ahadits As-Shahihah(2333-2651)  atau bisa di lihat di kitab jami’ shahih al-adzkar  bab tentang dzikir setelah wudlu karya syaikh Muhammad Nashirudin Al-Albani ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar